Kamis, 12 Desember 2013

KONSEP BUDGET DAN KEPUASAN OPTIMAL



Nama   : PUTRI MARYAM ANGGREINI
Kelas   : SMAK06-3
NPM   : 25212773

UNIVERSITAS GUNADARMA
 
KONSEP BUDGET DAN KEPUASAN OPTIMAL
A.    Pendekatan utilitas cardinal
Kepuasan yang diperoleh konsumen dari berkonsumsi dapat diukur dengan satu satuan (uang atau unit). Konsumen berusaha memaksimalkan kepuasan total (total utility TU) dari produk yang dikonsumsinya. Berlaku Hukum Gossen the law diminishing marginal utility yaitu setiap tambahan jumlah produk yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yangsemakin rendah.
B.     Fungsi Kepuasan Total
Kepuasan total (Total Utility) yang diperoleh konsumen dari mengonsumsi suatu produk merupakan penjumalaha kepuasan yang diperoleh dari setiap unit mengkonsumsi produk tersebut dengan :
TU = f(x) dan marginal utility adalah tambahan kepuasan yang diakibatkan dari penambahan satu unit konsumsi  (ϑTU/ϑx)

C.     Surplus Konsumen
Surplus konsumen adalah perbedaan diantara jumlah pembayaran yang benar-benar di bayarkan atas sejumlah barang dengan pembayaran maksimum yang sanggup di bayarkan untuk jumlah barang tersebut. Terdapat dua pendekatan yaitu pendekatan discrete dan pendekatan continue.
D.    Asumsi-asumsi model kurva indiferens
Menurut Salvatore kurva indeferen adalah kurva yang menunjukan berbagai kombinasi konsumsi antara komoditi X dan Y yang memberikan tingkat utilitas atau kepuasan yang sama.
·         Model utilitas secara ordinal (kepuasan konsumen tidak dapat diukur dalam satuan apapun)
·         Utilitas Konsumen = f (barang X, Y, Z, …)
·         Keseimbangan kepuasan konsumen

·         Maksimisasi Kepuasan konsumen dibatasi garis anggaran (budget line)



E.     Karakteristik Kurva Indiferens
a.       Menunjukkan kepuasan sama diantara semua produk yang dikonsumsi.
b.      Preferensi kepuasan konsumen bertingkat secara konsisten.
c.       Kepuasan konsumen ditandai dengan semakin banyaknya barang yang dikonsumsi.
d.      Kepuasan konsumen dicapai dari setiap kombinasi barang yang menghasilkan kepuasan total.
F.      Ciri-ciri Kurva Indiferens
a.       Turun dari kiri atas ke kanan bawah untuk kombinasi antara barang X dan Y.
b.      Mempunyai slope yang negatif, cembung ke arah origin.
c.       Tidak saling berpotongan.
d.      Kumpulan kurva indiferens menjadi kurva indiferens map.
G.    Karakteristik dan ciri-ciri Kurva Indiferens

H.    Garis Anggaran (Budget Line)
Merupakan batasan (constrain) kemampuan konsumen, secara umum satuan uang (M)
·         Px(Qx) + Py(Qy) ≤ M
jika konsumen ingin menggunakan semua anggaran yang tersedia
·         Px(Qx) + Py(Qy) = M
Gambar 1.3. Garis Anggaran


I.       Menentukan Jumlah Kepuasan Konsumen
   IC1 dengan titik A dan B menunjukkan kepuasan Konsumen belum optimal,
   IC2 dengan titik C konsumen mencapai titik optimum
   IC3 dengan titik D anggaran konsumen tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan barang X dan Y.
Garis anggaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik keseimbangan kombinasi untuk memperoleh 2 macam barang yang mengeluarkan anggaran atau pendapatan yang sama. Untuk lebih mendapatkan gambaran yang lengkap tentang bagaimana anggaran membatasi perilaku konsumsi konsumen, notasi-notasi dan gambaran- gambaran berikut akan sangat membantu. Untuk penyerdahanaan dimisalkan seorang konsumen mempunyai anggaran sebesar A. konsumen tersebut mengkonsumsi dua produk T dan U dengan harga masing-masing PT dan Pu. Konsumsi seorang konsumen untuk produk T dan U tidak dapat melebihi anggaran yang dimiliki. Nal ini dapat dituliskan dengan persamaan:
PTT + PU U ≤A
Pertidaksamaan di atas menunjukkan pilihan tersedia bagi seorang konsumen
(kombinasi produk T dan U) dengan anggaran yang dimiliki. Pengeluaran seorang  konsumen untuk produk T dan pengeluaran produk U tidak boleh melebihi anggarannya. Jika seorang konsumen menghabiskan sel uruh anggarannya untuk membeli barang T dan U, maka pertidaksamaan di atas menjadi  persamaan, yang disebut persamaan garis anggaran, yaitu:
PTT+PUU = A


Garis anggaran ditunjukin U sebagai fungsi linier terhadap T, Intercept sebesar A/Pu dan kemiringannya adalah -PT/Pu. Daerah  di bawah garis anggaran, menunjukkan kombinasi prod
uk T dan U yaag dapat diraih  oleh seorang konsumen; seperti titik V. Berbagai kombinasi T dan U di atas garis anggaran menunjukkan kombinasi yang tidak bisa diraih oleh konsumen dengan  anggaran yang tersedia, misalnya titik W. Garis anggaran dan pilihan tersedia A/Pu dan ini menjadi titik potong garis  anggaran dengan sumbu horisontal. Jika konsumen ini
menghabiskan seluruh,  anggarannya untuk produk U, maka jumlah maksimum U
yang dapat dibeli adalah U=A/P, dan ini menjadi titik potong garis anggaran dengan sumbu vertikal. Kemiringan garis anggaran – PT / PU menunjukkan tingkat institusi pasar (TSP) antara produk T dengan produk U.



J.       Pengaruh Perubahan Pendapatan Konsumen terhadap Keseimbangan Konsumen
Income Consumption Curve (ICC), kombinasi produk yang dikonsumsi untuk memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat pendapatan.
Kurva Engel, menunjukkan hubungan antara pendapatan konsumen dengan jumlah barang yang dikonsumsi.
K.    Pengaruh Perubahan Harga terhadap Keseimbangan Konsumen
Price Consumption Curve (PCC), kombinasi barang atau jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat harga.
Kurva permintaan konsumen individual diturunkan dari titik-titik pada kurva PPC, menggambarkan jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga
L.     Efek Pendapatan dan Efek Substitusi
Barang Giffen, sifatnya menyerupai barang inferior, sifat khususnya adalah jika harga barang inferior turun jumlah permintaan juga akan turun.


M.   Menurunkan Kurva Permintaan: Model Kurva Indiferens
Barang Normal dan Superior, berlakunya hukum permintaan (hubungan negatif) dan efek pendapatan berhubungan positif.
Barang inferior, berlaku hukum permintaan tetapi efek pendapatan negatif.
Barang Giffen, sifat sama dengan barang inferior, tetapi bertentangan terhadap hukum permintaan.


Referensi :
Modul Teori Ekonomi 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar