Kamis, 12 Desember 2013

KONSEP 4 PELAKU EKONOMI



Nama   : PUTRI MARYAM ANGGREINI
Kelas   : SMAK06-3
NPM   : 25212773

UNIVERSITAS GUNADARMA


KONSEP 4 SEKTOR EKONOMI


PerekonomianTerbuka (Perekonomian Empat Sektor)
Kegiatan ekonomi empat sektor sering disebut perekonomian terbuka. Karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelakuekonomi di dalam negeri, tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri.
Model circular flow membagi perekonomian menjadi empat sector yaitu :
1.      Sektor Rumah Tangga, yang terdiri atas sekumpulan individu yang di anggap homogen dan identik.
2.      Sektor Perusahaan, yang terdiri atas sekumpulan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa
3.      Sektor Pemerintah, yang memiliki kewenangan politik untuk mengatur kegiatan masyarakat dan perusahaan
4.      Sektor Luar Negri, yaitu sector perekonomian dunia, dimana perekonomian melakukan transaksi ekspor-impor.


-Analisis Hubungan antara RTK dengan RTP
Aaliran yang terjadi antara rumah tangga konsumen dengan rumah tangga produsen dapat terjadi pada dua pasar yaitu pasar factor prduksi dan pasar barang jasa. Aliran dapat terjadi melalui pasar factor produksi yaitu aliran factor-faktor produksi yang mengalir dari RTK ke RTP dan aliran pendapatan yang mengalir dari RTP ke RTK.

- Analisis hubungan antara pemerintah dengan RTK dan RTP
Pemerintah memproduksi barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga dan perusahaan dengan tujuan untuk melayani kepentingan umum. Sehingga, barang dan jasa tersebut berguna pula untuk menambah pendapatan Negara. Oleh karena itu, pemerintah berhak memungut pajak dan fee serta menerima pendapatan dari penjualan barang-barang tersebut. Semua penerimaan yang diperoleh pemerintah diantaranya digunakan untuk membayar pegawai, memberikan subsidi.

- Analisis hubungan yang berkaitan dengan masyarakat luar negeri
Hubungan antara pelku ekonomi dalam negeri dengan masyarakat luar negeri mengakibatkan aliran ekspor dan impor. Baik ekspor-impor barang maupun ekspor-impor factor produksi. Ekspor barang adalah penjualan barang dari dalam negeri ke luar negeri. Impor barang adalah pembelan barang dari masyarakat luar negeri.

A.     SEKTOR RUMAH TANGGA, 
                       Sektor rumah tangga memiliki factor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa privat (sektor perusahaan)maupun barang dan jasa (sektor pemerintah. Factor-faktor produksi tersebut adalah kesediaan untuk bekerja (tenaga kerja), barang modal uang dan kesediaan untuk menanggung resiko yang dihadapi oleh perusahaan dengan membeli saham.

B.     SEKTOR PERUSAHAAN, 
                       Aliran  pengeluaran sector rumah tangga merupakan aliran pendapatan sector perusahaan.selain sektor rumah tangga, perusahaan memperoleh pendapatan dari sektor  pemerintahyang merupakan konsumsi pemerintah, dan dari permintaan sektor luar negri yang merupakan ekspor sektor perusahaan. Selain melakukan pembayaran untuk sektor rumah tangga perusahaan juga membayar pajak kepada pemerintah.

C.      SEKTOR PEMERINTAH, 
                       Fungsi utama pemerintah adalah menyediakan barang publik, untuk menjalankan fungsinya pemerintah melakukan pengeluaran berupa pembelian barang dan jasa dari sektor perusahaan dan pengeluaran-pengeluaran dari sektor rumah tangga. Karena barang publik tidak dapat disediakan sepenuhnya lewat mekanisme pasar, pemerintah harus menarik pajak dari sektor rumah tangga  dan sektor perusahaan.

D.      SEKTOR LUAR NEGRI, 
           Sektor rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah merupakan perekonomian domestik. Perekonomian dikatakan tertutup jika tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negridalam perekonomian terbuka disederhanakan dengan mekanisme ekspor dan impor. Ekspor merupakan aliran pendapatan dari sektor luarnegri ke perekonomian domestik,  sedangkan impor merupakan aliran pengeluaran dari perekonomian domestik ke sektor luar negri.

Didalam perekonomian empat sektor akan ada dua pelaku ekonomi yaitu masyarakat luar negeri dan masyarakat dalam negeri. Kegiatan kelompok pelaku ekonomi masyarakat luar negeri adalah membentuk system arus perputaran kegiatan ekonomi. Kegiatan masyarakat dalam negeri adalah membentuk system perputaran kegiatan ekonomi. Jadi masyrakat luar negeri maupun dalam negeri terdiri atas rumah tangga konsumsi, perusahaan dan pemerintah. Mereka saling berinteraksi sehingga membentuksistem perputaran factor produksi, barang dan jasa , serta uang antara masyarakat luar negeri dalam pelaku kegiatan ekonomi dalam negeri.
Didalam perdagangan internasional tersebutterdapat dua macam kegiatan yaitu ekspor dan impor. Pembayaran dari kegiatan tersebut menggunakan uang atau valuta  asing. Para pelaku ekonomi dalm kegiatan perekonomian nasional aan saling memengaruhi sehingga akan membentuk satu kesatuan dan sistem. Kemacetandalam salah satu sektor dapat segera menjalar ke arus uang dan barang.
Ciri-ciri Pokok dari Aliran Pendapatan Perekonomian Terbuka
  1. RT mendapat aliran pendapatan berupa gaji/upah, sewa, bunga & keuntungan, dan pendapatan tsb digunakan utk :Pengeluaran konsumsi (membeli brg & jasa yg diproduksi perusahaan dalam negeri ( Cdn ) ;Membayar pajak ;Mengimpor  (beli brg-brg impor) ;Menabung ke Bank/ Lembaga Keuangan.
  2. Di samping aliran uang keluar utk membayar impor, juga aliran pengeluaran ke sektor perusahaan (pembayaran atas ekspor);
  3. Aliran perbelanjaan (pengeluaran) penanam modal utk beli brg dan peralatan modal dari sektor perusahaan.
  4. Pengeluaran pemerintah ke sektor perusahaan utk beli kebutuhan administrasi & belanja modal utk investasi pemerintah

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar