Jumat, 22 Maret 2013

Tugas Dasar Pemasaran


USAHA BAKSO
 “Kepala Sapi”

Salah satu tempat makan  yang menyedikan bakso di sekitar rumah kami sangat ramai sehingga kami tertarik untuk mengamati usaha tersebut . Tempat makan tersebut buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB, yang beralamatkan di Jl. Naragong Bekasi Timur. Setelah kami mengamati usaha bakso tersebut , ternyata tempat makan itu memiliki kelebihan , kekurangan , ancaman dan peluangnya masing-masing . berikut ini adalah hal-hal tersebut di tempat makan yang kami amati :
·         Kelebihan :
1)    Memiliki cita rasa yang enak dan lezat
2)   Tempatnya yang bersih dan rapi
3)   Pelayanannya yang baik dan tepat waktu .
4)   Menyedikan makanan lainnya seperti mie ayam pangsit , mie ayam ceker serta menyedikan beraneka macam minuman .
5)   Harganya yang terjangkau
6)   Lokasinya yang strategis

·         Kekurangan :
1)    Terkadang ada pembeli yang tidak kebagian tempat duduk karena tempat yang disediakan penuh sehingga pembeli ada yang kecewa dan menunggu sebagian pembeli lainnya sampai selesai makan.
2)   Tempatnya agak panas seharusnya di tambah lagi kipas anginnya sehingga memberikan kenyaman pada pembeli saat makan .
3)   Tempat parkir yang sempit sehingga ada pembeli yang harus mencari tempat parkir terlebih dahulu karena parkiran yang disediakan telah penuh .

·         Ancaman :
       Ancaman bagi usaha ini adalah banyaknya saingan yang berjualan bakso maka dari itu pedagang harus lebih menjaga cita rasa yang ada pada bakso tersebut agar tidak berubah , dan banyaknya pedagang-pedagang bakso yang curang dalam pembuatan bakso seperti menggunakan boraks atau daging yang tidak layak, hal ini dapat memberikan ancaman yang sangat buruk bagi pedagang bakso lainnya yang tidak berbuat curang sehingga mereka harus lebih meyakini pembeli lagi .

·         Peluang :
       Peluang usaha ini sangat banyak karena tempat lokasinya yang strategis sehingga banyak orang-orang yang tahu tempat makan ini. Selain itu makanan bakso juga menjadi salah satu makanan yang banyak di gemari jadi tidak terlalu sulit untuk mendapatkan pembeli .

Nama Kelompok :     1. Nurul Setyorini (25212549)
                                 2. Putri Maryam Anggraini (25212773)
                                 3. Rika Novianna (26212372)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar